Tak Cuma Daun, Batang Pohon Pun Enak Dimasak

 



Indonesia memiliki macam kuliner yang tanpa tanding. Dengan bumbu, rempah, bahan landasan, serta tehnik memasak yang bermacam, terbentuklah rasa yang ciri khas serta lezat dari semasing wilayah. Tidak salah selanjutnya bila Indonesia diketahui untuk surga rekreasi kuliner.


Jika kita seringkali menemui kuliner memiliki bahan landasan daun atau buah untuk dibuat, tangkai pohon ini kenyataannya dapat juga. Beberapa tangkai pohon di Indonesia rupanya mempunyai rasa yang lezat jika dibuat. Bila telah diberikan dalam mangkuk, tentu tidak ada yang menduga jika sajian itu ialah tangkai dari satu pohon.


Lalu tangkai pohon apa yang dapat dibikin sajian?


Tangkai Bambu


Jika umumnya kita menemui tangkai bambu jadi tiang bendera atau untuk tusuk sate biasa. Jika tangkai bambu dibikin sayur? Itu biasa, seandainya tangkai bambu yang dipakai itu tangkai yang muda.


Tangkai bambu yang mempunyai ciri warna yang kekuning-kuningan ini dapat dibuat yang diketahui dengan nama rebung. Rebung benar-benar gampang didapatkan waktu musim hujan.


CARA MENANG MAIN JUDI SABUNG AYAM ONLINE Tanaman yang tampil di pangkal tangkai bambu ini mulai dipanen waktu tingginya capai seputar 20cm. Bila tidak selekasnya dipanen, rebung akan tumbuh jadi tangkai bambu dalam tempo 2 sampai 3 bulan setelah itu.


Jangan salah, masakan dari tangkai bambu ini benar-benar nikmat disantap. Tangkai bambu dapat ditumis atau disayur dengan kuah. Banyak daerah di Indonesia memakai tangkai bambu untuk sajian mereka setiap hari.


Tangkai Rotan


Yang ini hampir seperti dengan sayur tangkai bambu barusan. Tangkai rotan yang dibuat datang dari tunas atau puncak rotan yang barusan tumbuh. Puncak rotan ini bisa didapati di beberapa hidangan Nusantara, ditambah banyak diketemukan di wilayah pemroduksi rotan.


Seperti di Kalimantan Tengah serta Aceh, puncak rotan ini diketahui dengan nama umbut. Umbut ini bisa diproses ke beberapa masakan. Ada yang ditumis, dibikin sayur atau kuah sampai digabung dengan bahan lain seperti ikan atau udang.


Di wilayah Aceh contohnya, masakan dari puncak rotan ini yang populer ialah sayur anyang puncak rotan. Masakan anyang yang hampir seperti dengan urapnya orang Jawa ini rupanya jadi salah satunya sajian harus waktu bulan puasa.


Tangkai Pisang


Tangkai pisang dapat dikonsumsi? Tentunya dapat. Walau terdengar aneh buat yang tidak biasa, tidak sama dengan warga Bali yang sering memakai tangkai pisang untuk dibuat satu sajian.


Pohon pisang memang mempunyai segudang faedah di semua bagiannya, tidak kecuali tangkai pohonnya yang rupanya dapat dikonsumsi. Seperti tangkai rotan serta tangkai bambu, untuk memasak tangkai pisang dipakai tangkai pohon yang muda atau dari anak pohon pisang.


Memasak pohon pisang untuk dibuat satu sajian cukup gampang. Cukup dibuat dengan digabungkan daging atau tulang berkuah, sajian pohon pisang ini siap disantap. Diketahui dengan nama sayur Ares, masakan ini sering disajikan waktu upacara keagamaan di Bali. Tidak perlu susah mendapatkan sayur Ares ini, sebab masakan ini sekarang banyak dipasarkan di beberapa rumah makan Bali.


Tidak sama dengan Bali, warga Banjar di Kalimantan Selatan tidak asing dengan masakan yang memiliki bahan landasan pohon pisang ini. Umumnya warga ditempat memprosesnya jadi gulai. Waktu upacara perkawinan, sayur ini jadi sajian harus mereka.


Tangkai Talas


Talas jadi umbi-umbian yang telah tidak asing buat kita. Seperti ke-3 tangkai pohon yang telah disebut, untuk memasak tangkai talas memakai sisi yang muda.


Tangkai talas dapat ditumis, dibikin kuah seperti lumbu, atau dibuat bersama-sama santan, atau umum diketahui dengan panggilan Lompong. Membuat gampang serta memakai bumbu umum yang ada di dapur biasanya.


Untuk memasak tangkai talas sendiri ada panduan yang perlu jadi perhatian untuk hilangkan rasa gatal. Sebelumnya kupas kulit tangkai talas lebih dulu sampai bersih, selanjutnya dipotong-potong sesuai dengan hasrat serta di rebus di air mendidih sampai masak.


Itu baru tiga tipe tangkai pohon. Tentunya ada banyak beberapa daerah di Indonesia yang memakai batang-batang untuk sajian yang tidak kalah lezat disantap.


Postingan populer dari blog ini

Mengenal Dormansi

For instance, for two consecutive years – last year and the year before – the periods during the country’s national examination period were marred by allegations of leaked tests.

Manfaat Seledri