Menanam Seledri Dengan Batang



Seledri satu diantara sayuran yang biasanya digunakan untuk bumbu. Di Indonesia, seledri seringkali digunakan untuk pelengkap sup, soto serta bakso. Sesaat di Asia Timur seperti, China, Jepang serta Korea, seledri digunakan untuk sayuran, sedang di Eropa, semua sisi seledri baik itu daun, tangkai serta bonggolnya digunakan.


Disamping itu, seledri dikenal juga mempunyai manfaat yang bagus buat kesehatan hingga seledri seringkali digunakan untuk obat herbal. Seledri diketahui untuk sayuran antihipertensi, berguna untuk peluruh (antidiuretika), antirematik dan dipercayai bisa meningkatkan selera makan. Untuk sisi umbinya mempunyai manfaat yang sama dengan manfaat daun serta batangnya, tetapi umbi seledri bermanfaat untuk afrodiasika atau tingkatkan hasrat seksual.


Seledri memiliki aroma yang ciri khas yang dari muatan minyak atsirinya. Harga seledri relatif murah serta benar-benar gampang diketemukan di pasar. Sebab telah mempunyai market share, tidak sulit untuk pasarkan seledri.



Disamping itu seledri gampang ditanam, jadi dibanding Anda tetap beli, kenapa tidak coba membudidayakannya sendiri saja? Bila Anda tertarik, di bawah ini ialah langkah gampang menanam seledri dengan tangkai yang bisa Anda praktikkan :


CARA MENANG MAIN JUDI SABUNG AYAM ONLINE 1. Mempersiapkan Bibit TanamanLangkah pertama yang perlu dilaksanakan sebelum menanam seledri tentu saja ialah mempersiapkan bibit seledri yang akan ditanam. Benar-benar gampang untuk memperoleh bibitnya, Anda bisa memperolehnya dengan beli seledri cabut yang berakar serta masih fresh. Sesudah memperoleh bibit, teruskan dengan cara di bawah ini :


Pisah anakan seledri lebih dulu supaya didapat tanaman indukan yang banyak, selanjutnya membersihkan bonggol tanaman yang kotor.


Potong tangkai seledri yang tua, tetapi jangan dibuang agar Anda pakai untuk memasak.


Sisakan tunas yang muda dengan berhati-hati supaya tidak menghancurkan akar.


Selanjutnya isilah air ke gelas air mineral.


Tusuklah sisi bonggol dengan tusuk gigi atau lidi yang bersih di empat pelosok sisi, kemudian masukan bibit itu ke air mineral hingga akar serta beberapa bonggol terbenang serta tunasnya ada di permukaan gelas.


Imbuhkan pupuk daun serta larutan nutrisi ke media air di gelas.


Anda bisa mengalihkannya ke media tanam waktu tunas muda tumbuh 2-3 buah.


2. Persiapan Media TanamSebelum lakukan penanaman, tentu saja Anda harus mempersiapkan media tanam lebih dulu, serta berikut cara persiapannya :


Media yang dipakai ialah tanah, pupuk kandang serta kompos dengan perbandigan 1 : 1 :1, selanjutnya ayak serta mengambil sisi halusnya saja kemudian campur sampai rata.


Selanjutnya masukan media ke pot, Anda bisa memakai pot plastik berdiameter 25-35 cm.


Janganlah lupa untuk membolongi sisi bawah pot supaya air tidak menggenang.


Kemudian media didiamkan semasa 1 minggu sebelum bisa ditanami.


3. PenanamanLangkah seterusnya sesudah bibit siap ialah penanaman. Untuk waktu penanaman seharusnya dilaksanakan saat pagi hari dengan seperti berikut :


Buat lubang tanam di media dengan disamakan kedalaman lubang tanam dengan tinggi tanaman serta panjang akar.


Kerjakan penanaman dengan masukkan bibit ke lubang tanam serta tekankan tanaman kuat supaya tidak gampang ambruk ditambah lagi waktu waktu awal perpindahan.


Upayakan permukaan bonggol seledri tidak semua tertutup media.


Siram sampai jemu serta air keluar dari sisi lubang pot tanaman.


Pada awal waktu tanam, tempatkan pot dalam tempat yang teduh selanjutnya Anda bisa mengeluarkannya ke lokasi yang terkena cahaya matahari penuh waktu tanaman telah makin tua.


4. Perawatan serta PerawatanPerawatan serta perawatan tanaman seledri relatif gampang, yakni dengan disiram sesuai keperluan tanaman. Tanaman tak perlu disiram waktu media masih basah serta lembab. Sesaat untuk pemupukannya, cukup imbuhkan pupuk kandang di media atau Anda bisa memberikan tambahan pupuk organik yang lain yang memiliki kandungan nitrogen tinggi.


Untuk pengaturan hama serta penyakita dilaksanakan dengan cara mekanik yakni dengan buang sisi tanaman yang diserang supaya tidak menyebar ke sisi yang lain. Disamping itu, tekankan Anda hindari pemakaian pestisida kimia sebab residunya benar-benar beresiko bila dikonsumsi.


5. PemanenanSeledri bisa dipanen waktu berusia 60-70 HST bila tanamna telah capai tinggi 20-30 cm. Kerjakan panen saat pagi hari atau sore hari supaya seledri tidak layu. Bila seledri ini untuk mengonsumsi sendiri, seharusnya waktu lakukan pemanenan dipotong sisi batangnya saja serta sisi bonggolnya disisakan. Pemangkasan ini mempunyai tujuan untuk merangsang pembangunan tunas baru hingga Anda tak perlu lagi menanam lagi. Tetapi bila pemanenan dilaksanakan untuk dipasarkan, karena itu pemanenan dilaksanakan dengan ditarik, selanjutnya membersihkan sisi akarnya, dan buang sisi daun serta tangkai yag rusak atau buruk.


Demikian langkah menanam seledri dari tangkai untuk rasio rumahan, selamat coba serta mudah-mudahan sukses.

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Dormansi

For instance, for two consecutive years – last year and the year before – the periods during the country’s national examination period were marred by allegations of leaked tests.

Manfaat Seledri